Header ads

Header ads
» » Berada di Grup F Galasiswa Nasional, Tapi Sumbar Belum Pasti Ikut?

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman dan Plt. Ketua Umum PSSI Joo Driono menyampaikan sambutan pada saat drawing Kejuaraan Sepakbola Galasiswa (Liga Sepakbola Siswa) antar SMP se Indonesia beberapa hari lalu di Jakarta. 
Padang, KONI SumbarTim provinsi Sumatera Barat akan tergabung di grup F Liga Sepakbola Siswa (Galasiswa) antar SMP se Indonesia setelah diadakannya drawing di kantor Kemdikbud di Jakarta beberapa hari lalu. Sesuai hasil lotting, Sumbar berada di grup berat bersama Jawa Timur, Kalimantan Utara dan Papua.

Pencabutan lot untuk penentuan pembagian grup itu berturut-turut dilakukan Mendikbud Muhadjir Effendy, Plt Ketua Ketua Umum PSSI Joko Driono, Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman dan Deputi III Kemenpora Raden Isnanta. Kejuaraan Sepakbola Galasiswa Indonesia (GSI) antar SMP se Indonesia itu direncanakan akan digelar bulan Oktober nanti.

Kepastian pembagian grup dan jadual resmi Galasiswa antar SMP 2018 itu diputuskan lewat Rapat Koordinasi tiga unsur pelaksana yakni Kemdikbud, KONI dan PSSI yang telah berlangsung 30-31 Mei 2018 lalu. Rakor dimaksud juga diikuti utusan dari Dinas Pendidikan, KONI Provinsi dan Asprov PSSI dari 34 Provinsi di Indonesia.

Mendikbud Muhadjir Effendy seusai drawing di kantor Kemdikbud menjelaskan bahwa galasiswa yang digagas Kemdikbud merupakan perwujudan program Nawacita Presiden RI khususnya dalam hal revolusi mental. Untuk itu GSI diharapkan akan menjadi wadah bagi siswa dalam mengimplementasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

“Meski harus diakui masih banyak kekurangannya, namun program GSI ini ternyata diminati oleh penggiat sepakboa dari kalangan SMP. Terbukti sampai sejauh ini sudah 248 Kabupaten/Kota yang telah menyelenggarakan GSI ini,” tambah Mendikbud.

Sedang Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman, Plt Ketua Umum PSSI Joko Driono dan Deputi III Kemenpora Raden Isnanta dalam sambutan singkat masing-masing mengaku mendukung pelaksanaan GSI se Indonesia. “Bagaimana pun, hasil akhir dari GSI ini adalah terpantaunya sejumlah pemain yang nantinya Insya Allah akan bermain bagi pembangunan sepakbola Indonesia ke depan. Karena itu kita dari PSSI, seperti juga KONI dan Kemenpora, pasti akan mendukung prpgram galasiswa ini,” ujar Plt. Ketua Umum PSSI Joko Driono.
Skema Pembagian Grup Galasiswa antar SMP 2018

Kejuaraan sepakbola galasiswa ini adalah pertandingan sepakbola antar SMP se Indonesia khususnya buat pelajar SMP yang saat ini berada di kelas 7 dan kelas 8. Sistem pembentukan tim untuk empat tingkatan turnamen itu berbeda dengan kejuaraan yang telah ada sebelumnya. Dimana di tingkat kecamatan peserta atau pemain dari sebuah  tim murni berasal dari berbagai SMP yang ada di kecamatan itu dengan jumlah pemain 18 orang plus 4 ofisial. Sedang untuk tingkat Kabupaten/Kota, tim peserta adalah pemain-pemain terbaik dari berbagai SMP yang ada di sebuah kecamatan. Untuk tingkat provinsi pemain dari sebuah Tim Kabupaten/Kota merupakan gabungan pemain terbaik dari Kabupaten atau Kota peserta. Sedang untuk tingkat nasional, pemain sebuah provinsi adalah gabungan pemain terbaik dari sebuah provinsi peserta.

Menyikapi hasil drawing yang telah ada, Dt. Nurhaza, Wakil Diknas Provinsi Sumbar yang ikut pada Rakor di Jakarta mengatakan hal ini akan disampaikannya terlebih dahulu kepada Kepala Dinas Pendidikan Sumbar. Hal ini berkaitan dengan belum tersedianya anggaran untuk pelaksanaan di tingkat provinsi Sumatera Barat.

“Sebab kepastian soal diputarnya galasiswa ini baru diputuskan pada Rakor pertama bulan November 2017 lalu, saat mana anggaran APBD Sumbar untuk tahun 2018 sudah ketok palu. Karena itu jujur, saya juga belum bisa memutuskan apakah Sumbar bisa ikut berlaga di tingkat nasional pada bulan Oktober 2018 nanti sebagaimana hasil Rakor kita yang terbaru ini,” ujar Dt. Nurhaza.

Ketua Umum KONI Sumbar Syaiful, SH, M.Hum maupun Sekretaris Asprov PSSI Sumbar Hendra Dupa mengaku menyerahkan hal itu semua kepada Kantor Diknas Sumbar. “Bagaimana pun leading sector kejuaraan ini adalah Diknas Provinsi. Karena itu sebaiknya, kita tunggu saja keputusan dari Diknas Provinsi Sumatera Barat, apakah Sumbar bisa ikut atau pada Galasiswa Tingkat Nasional pada bulan Oktober 2018 nanti,” ujar Ketua Umum KONI Sumbar Syaiful. (nns)

Pembagian Grup Galasiswa 2018
Grup A : Sumatera Utara, Lampung, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, Papua Barat
Grup B : Aceh, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah
Grup C : Kepulauan Riau, Jawa Tengah, Bali, Sulawesi Barat
Grup D : Jambi, Bengkulu, NTT, Sulawesi Utara
Grup E : Sumatera Selatan, Banten, NTB, Sulawesi Selatan
Grup F : Sumatera Barat, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Papua
Grup G : Riau, DI Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Maluku
Grup H : Bangka Belitung, DKI Jakarta, Kalimantan Selatan, Maluku Utara, Gorotalo

About N. NOFI SASTERA

konisumbar.or.id merupakan media informasi yang menyajikan berbagai macam informasi mengenai Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sumatera Barat
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply