Header ads

Header ads
» » WI Sumbar Juara Umum Kejurwil Wushu Yunior se Sumatera 2017

Ketua Pengprov Wushu Indonesia (WI) Sumbar Hj. Usnaiti menyalami atlet yang telah berhasil meraih medali pada Kejurwil Wushu Yunior se Sumatera yang telah berakhir Selasa sore (19/12) di GOR UNP Air Tawar. Pada Kejurwil ini Pengprov Wushu Sumbar keluar sebagai juara umum setelah merebut 18 medali emas, 10 perak dan 6 perunggu. (Foto : Rafilus Piliang)

Padang, KONI Sumbar – Pengprov Wushu Indonesia (WI) Sumatera Barat keluar sebagai juara umum Kejuaraan Wilayah Wushu Yunior se Sumatera yang telah digelar 17-19 Desember 2017 di GOR UNP Air Tawar Padang.

Sampai berakhirnya babak final yang berlangsung Selasa sore (19/12) kemaren, Pengprov WI Sumbar berhasil mengumpulkan 18 medali emas, 10 perak dan 6 perunggu. Itu artinya, dari 25 medali yang diperebutkan, hanya 7 nomor yang lepas ke beberapa provinsi lain di Sumatera.

Ke 7 medali emas itu di antaranya 3 direbut Lampung yang menjadi juara umum kedua, disusul Aceh dan Sumatera Utara. Sebenarnya antara Aceh dan Sumut sama-sama memiliki 2 emas dan 1 perak. Namun Aceh lebih unggul dalam perolehan medali perunggu. Aceh merebut 10 perunggu sementara Sumut tanpa medali perunggu.

Keberhasilan Wushu Sumbar itu tentu saja disambut gembira Ketua Umum KONI Sumbar Syaiful, SH, M.Hum. “Alhamdulillah, selamat buat wushu Sumbar,” ujar Syaiful lewat telepon karena saat acara penutupan memang sedang tidak berada di arena wushu.

Namun Waketum I KONI Sumbar Aldi Yunaldi yang menutup acara Kejurwil  Wushu Yunior se Sumatera ini memuji habis-habisan sukses yang diraih Wushu Sumbar. Sebab selain sukses prestasi, pelaksanaan kejuaraan sejak pembukaan sampai penutupan berlangsung lancar, aman dan tercatat rapi serta meriah.

“Jujur saya salut sama Bunda Usnaiti dan rekan-rekan di wushu. Padahal wushu adalah cabang olahraga terakhir bersama soft tenis yang ditetapkan sebagai cabor yang dipertandingkan di Kejurwil Yunior se Sumatera ini. Mereka juga bahkan menjadi cabor pertama yang memulai pertandingannya karena GOR UNP setelah ini akan dipakai cabang tarung drajat. Namun dengan tenggang waktu hanya sekitar dua minggu lebih kurang, mereka justru mampu meraih dua sukses, yakni sukses prestasi dan pelaksanaan,” ujar Aldi.

Tapi Ketua Pengprov Wushu Sumbar Hj. Usnaiti justru merendah dengan pujian ini. Menurutnya dengan segala sesuatu fasilitas dan biaya yang sudah disediakan, rasanya sangatlah tidak tepat kalau iven ini tidak dimaksimalkan hasilnya baik dari sisi prestasi maupun di sisi pelaksanaan.

“Karena itu bersama seluruh pengurus Kami bertekad agar bisa memberikan yang terbaik buat Sumatera Barat di Kejurwil ini. Alhamdulillah, Kami berhasil melakukannya. Itu juga Kami anggap sebagai balasan dari segala upaya yang telah dilakukan KONI Sumbar yang telah berhasil memperjuangkan adanya iven ini,” ujar Hj. Usnaiti.

Kejurwil Yunior se Sumatera ini pada dasarnya memang merupakan program kerjasama antara KONI Sumbar dengan KONI Pusat dan Kemenpora. Sebagaimana dikatakan Ketua Umum KONI Sumbar Syaiful, SH, M.Hum, ia ingin agar atlet-atlet Sumatera Barat memiliki lebih banyak kesempatan untuk bertanding baik di tingkat daerah, regional maupun nasional. Sementara kalau dilakukan dengan dana sendiri, jelas KONI Sumbar tidak mampu karena tidak cukupnya APBD yang disediakan untuk KONI Sumbar.

“Karena itu dengan hubungan yang baik serta penjelasan dan proposal yang rasional, kita kembali meminta kepada KONI Pusat untuk mencarikan solusi terhadap hal ini. Alhamdulillah KONI Pusat bersama Kemenpora kemudian bersedia membantu dengan meminta kita menjadi tuan rumah Kejurwil Yunior se Sumatera untuk tujuh cabang olahraga. Untuk diketahui, rogram kerjasama KONI Pusat dan KONI Sumbar ini adalah yang ketiga dengan Kejurwil ini. Sebelumnya kita juga sudah melakukan kerjasama Program Peningkatan Kapasitas Manajemen Olahraga serta setelah itu mengadakan Focus Grup Discussion Pengumpulan Data Pelaku Olahraga,” beber Syaiful.


Ke depan Syaiful juga berharap agar program kerjasama KONI Pusat dan KONI Sumbar ini dapat terus berlangsung di waktu-waktu mendatang. “Semoga dengan pelaksanaan yang baik serta hasil yang jelas, ke depan KONI Pusat senantiasa akan dapat terus bekerjasama dengan kita,” tambah Syaiful. (nns)

About N. NOFI SASTERA

konisumbar.or.id merupakan media informasi yang menyajikan berbagai macam informasi mengenai Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sumatera Barat
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply