Header ads

Header ads
» » PORWIL X-2019 di Bengkulu, Sesuai Siklus, Sumbar Tuan Rumah Berikutnya

Ketua Umum KONI Sumbar Syaiful SH, M.Hum bersama Ketua Bidang Litbang Dr. Asep Sujana Wahyuri selama 28-30 September 2017 lalu mengikuti Rapat Koordinasi Pelaksanaan PORWIL X tahun 2019 di Bengkulu. Selain membahas banyak hal tentang PORWIL X, nama Sumatera Barat juga mencuat sebagai calon kuat tuan rumah untuk pelaksanaan PORWIL XI tahun 2023 nanti.

Padang, KONI Sumbar - Provinsi Sumatera Barat kemungkinan besar akan terpilih menjadi Panitia Pelaksana PORWIL XI tahun 2023 sesuai siklus pelaksanaan Pekan Olahraga se Sumatera itu. Hal itu karena ke sepuluh provinsi yang ada di Sumatera, semuanya telah pernah menjadi panitia termasuk Bengkulu yang akan menjadi tuan rumah PORWIL ke X tahun 2019 nanti. 

Ketua Umum KONI Sumbar Syaiful, SH, M.Hum bersama Ketua Bidang Litbang Asep Sujana Wahyuri menyebutkan, sebagaimana diketahui bahwa Sumatera Barat adalah pelaksana pertama PORWIL di tahun 1984, meski saat itu masih bernama PORWIL Sum-Kalbar karena juga diikuti Kalimantan Barat. Sesuai perputaran waktu, kecuali Bengkulu yang akan menjadi tuan rumah PORWIL X-2019, delapan provinsi lainnya sudah pernah jadi tuan rumah. Terakhir 2015 lalu, provinsi Bangka Belitung yang menjadi tuan rumah.

"Meski secara siklus kita memang harusnya menjadi pelaksana PORWIL XI tahun 2023, namun kita juga tidak mau terlalu kaku dengan siklus itu. Soal kemampuan untuk jadi pelaksana? Saya rasa itu tidak masalah. Cuma sesuai prinsip kekeluargaan sesama orang Sumatera, jika ada provinsi lain yang berminat, kita mungkin bisa saja menyerahkan kepada mereka," tambah Syaiful yang baru-baru ini mengikuti Rapat Koordinasi PORWIL tanggal 28-30 September 2017, di The Madeline Hotel Bengkulu bersama Ketua Bidang Litbang KONI Sumbar Dr. Asep Sujana Wahyuri.

Menjawab pertanyaan soal PORWIL X di Bengkulu tahun 2019 nanti, Syaiful menilai, harusnya ini merupakan PORWIL terbaik pelaksanaannya dibanding sembilan kali pelaksanaan PORWIL sebelumnya. Namun sebagaimana ditambahkan Asep Sujana, bahwa sejauh ini Bengkulu sendiri masih belum terlihat siap untuk menjadi tuan rumah. Selain karena adanya masalah politis dan hukum yang menimpa kepala daerahnya, pengurus KONI Provinsi Bengkulu juga baru dilantik.

"Namun berdasarkan apa yang kita lihat di Rakor kemaren, kita yakin Bengkulu akan sukses menjadi tuan rumah pelaksana PORWIL X. Sebab pengurus dan pemerintah daerah setempat cukup antusias menjawab tantangan menjadi pelaksana PORWIL, meski untuk itu mereka memang terpaksa harus kerja keras sejak dari sekarang. Selain karena menyangkut harga diri provinsi, waktu pelaksanaannya juga masih ada sekitar dua tahun lagi karena PORWIL X itu akan digelar pada bulan November 2019," tambah Asep.

Menyinggung persiapan Sumbar ke PORWIL 2019 nanti, baik Asep maupun Ketua Umum KONI Sumbar Syaiful, SH, M.Hum menilai bahwa secara terstruktur, hal itu memang sudah termasuk dalam perencanaan KONI Sumatera Barat bersama cabang-cabang olahraga yang akan dipertandingkan di PORWIL nanti. "Namun tentu saja kita juga menghimbau kepada semua cabor peserta PORWIL agar sejak dini mempersiapkan diri ke arena multi-iven se Sumatera tersebut. Selain tentu saja kita ingin terus memperbaiki rangking di PORWIL, tentu juga kita berharap agar atlit kita lebih banyak lagi lolos dan berhasil di PON XX tahun 2020 di Papua," tambah Syaiful.

PORWIL X tahun 2019 nanti direncanakan akan mempertandingkan 11 cabang olahraga, meski tinju masih dalam tahap pertimbangan baik di PP. Pertina maupun di KONI Pusat. Sedang 10 cabang olahraga yang sudah pasti dipertandingkan adalah atletik, bola basket, bilyard, bulutangkis, catur, panjat tebing, pencak silat, renang, sepakbola dan sepak takraw. (nns)

About N. NOFI SASTERA

konisumbar.or.id merupakan media informasi yang menyajikan berbagai macam informasi mengenai Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sumatera Barat
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply