Header ads

Header ads
» » PB. POBSI Salut dengan Perkembangan Bilyar di Sumbar

Pengurus Provinsi POBSI (Persatuan Olahraga Bilyar Seluruh Indonesia) Sumatera Barat periode 2016-2020 Kamis malam (12/10 dilantik Ketua Harian PB. POBSI Robby Suarli. Menurut pria yang juga mantan pebilyar peraih medali perunggu buat Sumbar pada PON XVII-2008 di Kalimantan Timur itu, perkembangan POBSI Sumbar sangat luar biasa sehingga bahkan bisa melahirkan pebilyar wanita yang mampu meraih medali emas di PORWIL. Tampak Ketua Umum Pengprov POBSI Sumbar Alexander Dino (tengah baju putih) diapit Ketua Kompartemen Organisasi PB. POBSI Lilik Hartono, Ketua Umum KONI Sumbar Syaiful, SH, M.Hum serta Ketua Harian PB. POBSI Robby Suarli.  



Padang, KONI Sumbar – Pengurus Besar Persatuan Olahraga Bilyar Seluruh Indonesia  (PB. POBSI) merasa salut dengan perkembangan  olahraga bilyar di Sumbar karena selain mendapat dukungan penuh dari KONI, juga karena di Ranah Minang ini ada pebilyar cewek yang cukup berprestasi yakni Vivi yang meraih medali emas PORWIL. Pernyataan itu disampaikan Ketua Harian PB. POBSI Robby Suarli ketika memberikan sambutan pada acara Pelantikan Pengurus Pengprov POBSSI Sumbar periode 2016-2020 pada Kamis (12/10) di Hotel Axana Padang.

Menurut Robby, tidak banyak daerah yang punya perhatian penuh terhadap suatu cabang olahraga apalagi bilyar. Hal itu karena masih banyak yang beranggapan bilyar sebagai olahraga bernuansa negatif dan sering digunakan untuk berjudi. “Itu bedanya di Sumatera Barat, dimana bilyar malah diberi gedung Pusat Latihan (Puslat) oleh KONI. Tak hanya itu saat mana atlet cowoknya belum punya prestasi, justru di sini pebilyar ceweknya yang meraih medali di PORWIL. Ini jelas sangat menggembirakan bagi Kami di PB.POBSI,” tambah Robby.

Peraih medali perunggu bilyar di PON Kaltim itu juga memuji Ketua Umum KONI Sumbar Syaiful, SH, M.Hum yang sangat mengerti dengan psikologi atlet. Sebab ia juga mendengar bagaimana cara Syaiful memacu para atlet untuk meraih prestasi di PON XVI Jabar lalu, saat mana kondisi kepengurusan KONI Sumbar saat itu sedang ada persoalan. Tapi berkat pendekatan yang baik ke setiap cabang olahraga termasuk juga kepada para atlet dan pelatih, sehingga Sumbar tetap bisa bertahan di urutan 11 dengan perolehan medali yang lebih baik.

“Sebab sudah sering terjadi, dimana saat atlet dalam kondisi tertekan dan hampir kalah, justru kita para ofisial sering langsung meninggalkan atlet. Di sinilah bedanya dengan Pak Syaiful yang mungkin karena sangat mengerti dengan psikologi olahraga justru ia tetap bertahan dan terus memberi motivasi kepada atlet. Bahwa karena cara-cara seperti itu Sumbar bisa meraih 14 emas di PON Jabar kemaren, saya pikir perhatian seperti yang diberikan Pak Syaiful inilah kuncinya,” tegas Robby yang juga mengaku siap membantu Pengprov POBSI Sumbar.

Ketua Umum KONI Sumbar Syaiful SH, M.Hum sebelumnya memang menceritakan bagaimana kondisi bilyar di Sumbar. Bahwa sudah pernah dua kali sebelumnya kepengurusan terbentuk, namun tidak pernah dilantik. Baru di periode kedua kepemimpinan Alexander Dino inilah acara pelantikan dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar. “Dan saya juga melihat di baju pengurus yang baru dilantik juga ada warna kuning terlihat. Semoga saja ini merupakan tanda-tanda bilyar Sumbar akan lebih berprestasi lagi,” tambah Syaiful.

Di bagian lain Syaiful juga menyampaikan terimakasih atas kehadiran Ketua Harian PB. POBSI Robby Suarli yang juga mantan pebilyar Sumbar peraih medali perunggu di PON XVII-2008 Kaltim. Kehadiran Robby dinilai Syaiful akan semakin menambahwa motivasi bagi para pebilyar dan pengurus POBSI Sumbar bahwa mereka punya senior di pusat yang tentu siap membantu Pengprov POBSI Sumbar.

Syaiful yang saat itu datang bersama Ketua Bidang Umum Darmansyah, Anggota Bidang Binpres Hendri Hanibal dan Anggota Bidang Diktar N. Nofi Sastera juga memuji Ketua Pengprov POBSI Sumbar Alexander Dino yang menurutnya gigih memperjuangkan bilyar baik ke KONI Sumbar maupun kepada pihak-pihak lain. Itu pula sebabnya menurut Syaiful, KONI Sumbar juga senantiasa respond dan selalu bersedia membantu kebutuhan POBSI Sumbar.

Ia juga mengharapkan kepada semua pengurus yang telah dilantik agar senantiasa bekerja keras dan menjaga kekompakan untuk bersama membesarkan prestasi bilyar Sumbar. “Sesuai pula dengan Pakta Integritas yang tadi telah Saudara bacakan bersama-sama, saya minta agar jangan dibiarkan Pak Dino bekerja sendiri. Tapi bangunlah kerjasama dan teruslah berusaha untuk mencapai prestasi terbaik,” tambah Syaiful.

Ketua Umum Pengprov POBSI Sumbar Alexander Dino dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada PB. POBSI dan khususnya kepada KONI Sumbar yang telah banyak membantu. Ia juga berharap agar dukungan dan bantuan seperti selama ini, semoga terus berlanjut sampai kapan pun. “Dan Kami sebagai pengurus Insya Allah juga akan memberikan pengabdian terbaik Kami bagi kejayaan olahraga Sumbar,” ujar Dino yang juga menyampaikan bahwa Pengprov POBSI sudah melakukan seleksi untuk memilih atlet yang akan diberangkatkan ke Kejurnas November nanti.

Acara pelantikan Pengprov POBSI Sumbar Kamis malam itu juga terasa sedikit berbeda. Pasalnya setelah pembacaan SK PB. POBSI oleh Ketua Kompartemen Organisasi  Lilik Hartono, para pengurus juga diminta membacakan Pakta Integritas secara bersama-sama. Acara pelantikan itu sendiri berlangsung lancar dan dalam suasana yang cukup sacral serta rapi. (nns)

About N. NOFI SASTERA

konisumbar.or.id merupakan media informasi yang menyajikan berbagai macam informasi mengenai Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sumatera Barat
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply