Header ads

Header ads
» » LFN Sumbar Diputar ; Salut untuk Konsistennya H. Yasman Yanusar



 
Asosiasi Futsal Provinsi Sumatera Barat kembali memutar Kompetisi Liga Futsal Nusantara selama 3-9 Oktober 2017 di Lapangan Rafhely Futsal Jl. By-Pass Balaibaru Padang. Di antara 16 peserta yang ikut dari 22 anggota AFP Sumbar, empat di antaranya adalah klub futsal yang baru terdaftar tahun ini. Klub Futsal IKASMA-2 Padang yang merupakan klub futsal dari alumni SMA Negeri 2 Padang di atas adalah salah satu di antara klub baru tersebut.
Padang, KONI Sumbar - Diputarnya kembali Liga Futsal Nusantara antar klub futsal se Sumatera Barat selama 3-9 Oktober 2017 di Lapangan Futsal Rafhely di By-Pass Balaibaru Padang tak hanya membuat bergairahnya kembali olahraga yang mirip sepakbola itu di Sumatera Barat. Namun yang menarik di sini adalah terdapatnya sikap konsisten dari seorang H. Yasman Yanusar, penggiat dan juga Ketua Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Sumbar.



Menurut lelaki asal Sungayang Batusangkar yang juga punya klub sepakbola Jordus itu, semua yang dilakukannya hanyalah bagian dan pengabdian sesuai amanah yang telah dibebankan kepadanya. “Jadi tak ada yang istimewa sebenarnya dengan saya maupun dengan diputarnya Liga Futsal Nusantara ini,” tegas H. Yasman.



Namun dari beberapa sumber yang enggan disebutkan namanya, kehadiran dan konsistensi Pak H. Yasman yang juga pernah dua kali menjadi Manajer Tim Futsal Sumbar di PON ini memang tak diragukan lagi. Berkat ngotot dan konsistennya itu pulalah futsal terus berkembang di Sumatera Barat dan  juga pernah mendapat mendapat medali emas di PON XIV-2012 di Pekanbaru.



Dari data yang ada diketahui bahwa saat ini sudah ada 22 klub futsal yang terdaftar secara resmi sebagai anggota AFP di Sumatera Barat. H. Yasman Yanusar sendiri sepertinya juga felksibel dan tidak kaku dengan para anggota futsalnya. Terbukti, meski hanya 16 di antara 22 anggota AFP Sumbar yang ikut berlaga pada Liga Futsal Nusantara tahun, namun H. Yasman tidak serta merta mengeluarkan enam anggota lainnya



“Bahkan menegur mereka pun saya tidak mau melakukan. Bukan apa-apa, kita juga tahu kondisi saat ini. Jadi buat apa dipaksakan. Yang terpenting sekarang, bagaimana kita membangun dan menghidupkan dulu futsal secara profesional dan mandiri di Sumbar. Saya yakin, ke depan perlahan-lahan semua klub yang terdaftar di AFP Sumbar akan memiliki pemahaman yang sama tentang nilai-nilai professional dan juga akan arti pentingnya berkompetisi,” tambah H. Yasman.



Liga Futsal Nusantara yang merupakan rangkaian dari pelaksanaan Liga Futsal Profesional se Indonesia sejak Selasa (3/10) kemaren telah dibuka secara resmi di Lapangan Futsal Rafhely Padang. Ketua Umum Asprov PSSI Sumbar diwakili Sekretaris Hendra Dupa membuka secara dengan menyerahkan bola yang akan dipakai pada pertandingan kepada Ketua Panitia Syamsul Bahri.

Pembagian Grup dan Jadual Pertandingan LFN Sumbar



Di antara 16 peserta yang ikut, terdapat empat klub yang baru terdaftar di tahun ini. Keempatnya adalah Klub IKASMA-2 Padang (klub dari Ikatan Alumni SMA 2 Padang), Klub Futsal Kota Payakumbuh, Klub Futsal Kun Fayakun FC serta Klub Futsal Déjà vu. Sementara 12 klub lainnya adalah ; PSR, Adrenalin, Kota Bukittinggi, Luhak Nan Tuo, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Padang Pariaman, Satelite Futsal, Kota Pariaman dan MHS Padang.


Sesuai  regulasinya, juara dari Liga Futsal Nusantara di Sumbar akan lolos ke 34 Besar Tingkat Nasional, dimana ke 34 juara itu akan dibagi dalam empat grup. Untuk grup A yang pesertanya juara dari 9 Provinsi di Sumatera kecuali Lampung, Babak Regional Grup-nya akan berlangsung di Kota Padang. Juara dan runer-up dari masing-masing grup akan maju ke Babak 8 Besar Tingkat Nasional yang pertandingannya akan dilaksanakan di Jakarta. (nns)

About N. NOFI SASTERA

konisumbar.or.id merupakan media informasi yang menyajikan berbagai macam informasi mengenai Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sumatera Barat
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply