Header ads

Header ads
» » Huggies ke Kejuaraan Dunia, Irwan Prayitno dan Inkanas Bangga




Huggies Yustisio (tengah) diapit Gubernur Sumbar Irwan Prayitno yang juga Ketua Umum Pengprov Inkanas Sumbar dan Shi Han Ir. H. Apris Hamid Anggota Majelis Tinggi Dewan Guru (MTDG) PB. Inkanas yang juga Pembina Pengprov Inkanas Sumbar. Huggies peraih medali emas dan gelar best of the best Kejuaraan Nasional Karate Piala Panglima TNI, 22-24 September lalu, terpilih memperkuat Timnas Karate Indonesia pada Ajang World Karate Federation (WKF) di Barcelona Spanyol pada 25-29 Oktober 2017 nanti. Ia adalah atlit karate Inkanas Sumbar pertama yang terpilih memperkuat Timnas Karate Indonesia dan merupakan bukti pembinaan yang dilakukan Pengprov Inkanas Sumbar di bawah kepemimpinan Ketua Umum Irwan Prayitno

Padang, KONI Sumbar - Ketua Umum Pengprov Perguruan Karate Inkanas (Institut Karate Nasional) Irwan Prayitno wajar merasa bangga dengan dipanggilnya karateka Huggies Yustisio memperkuat Indonesia di ajang World Karate Federation (WKF) di Barcelona Spanyol, 25-29 Oktober 2017. Sebab keberhasilan Huggies seperti membuktikan keberhasilan pola pembinaan yang dilakukan IP (panggilan dari singkatan nama Irwan Prayitno – Pen) sebagai Ketua Umum perguruan karate berlambang harimau berwarna merah hitam putih itu.

“Inkanas Sumbar pacah talua. Huggies merupakan karateka Inkanas Sumbar pertama yang  masuk timnas karate Indonesia. Hal ini tentu sangat membanggakan dan diharapkan Huggies bisa mengharumkan nama Indonesia dan Inkanas Sumbar di ajang tersebut,” ujar IP yang juga Gubernur Sumbar di akun twitter-nya seusai melepas keberangkatan Huggies ke Pelatnas PB Forki, di salah satu restoran di Padang Minggu (1/10) kemaren.

IP menyebutkan selama ini karateka Inkanas Sumbar jarang bisa berbicara banyak di tingkat nasional. Namun dengan adanya Huggies yang menembus Pelatnas PB Forki diharapkan karateka lainnya bisa termotivasi mengasah kemampuannya sehingga berprestasi di tingkat nasional. Dia juga menilai bahwa terpilihnya Huggies merupakan hasil dari pemanduan bakat atau talent scouting Inkanas yang dilakukan untuk seluruh kabupaten dan kota di Sumatra Barat. 

“Saya harap masuknya Huggies ke Pelatnas PB Forki tidak menjadi yang terakhir. Harus ada karateka-karateka lainnya menyusul masuk Pelatnas. Saya yakin karateka lain akan termotivasi, kemudian pelatih juga bisa melatih lebih baik lagi sehingga muncul karateka-karateka lain yang berkelas nasional,” kata Irwan.

Menurutnya, pembinaan karateka di Sumatra Barat masih menyisakan banyak pekerjaan rumah. Apalagi, dilihat dari keikutsertaan Sumbar dalam PON XIX di Bandung, Jawa Barat tahun lalu dimana cabang olahraga karate belum menyumbangkan medali. Namun kekecewaan dari PON tahun lalu justru mendorong Forki dan Inkanas Sumatra Barat lebih gencar lagi membina atlet dan mencari lagi bakat-bakat karate yang berpotensi. 

Pada Kejuaraan Nasional Karate Piala Panglima TNI, 22-24 September lalu, Inkanas Sumbar sukses mendapatkan dua medali yaitu satu emas dan satu perunggu. Emas disumbangkan Huggies di kelas -68 kg putra dan perunggu disumbangkan Della Safitri di kelas -50 kg under 21 putri. Huggies sendiri saat itu juga sukses meraih gelar best of the best atau karateka terhebat di nomor kumite dari semua kelas yang dipertandingan. Sukses itu pula yang membuat Huggies dipanggil masuk Pelatnas PB Forki untuk Kejuaraan Dunia WKF di Barcelona Spanyol, 25-29 Oktober mendatang.

Huggies sendiri menyebutkan bahwa keberhasilannya tersebut tidak terlepas dari latihan keras dan bimbingan pelatihnya. Untuk itu, dirinya bertekad untuk bisa meraih hasil maksimal di Kejuaraan Dunia WKF 2017 mendatang. “Saya siap. Dan dengan latihan keras serta bimbingan pelatih saya akan berusahan memberikan kemampuan terbaik. Mohon doa restu Pak Gubernur dan masyarakat Sumbar,” kata Huggies.

Huggies merupakan salah satu karateka masa depan Sumbar yang berasal dari Kabupaten Solok. Sebelum meraih emas di Kejurnas Karate Piala Panglima TNI, Huggies adalah peraih emas Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2017. Kemudian dia pernah mendapatkan perak di Kejuaraan karate Malaysia Open 2016. Selain berprestasi di bidang karate, Huggies juga berprestasi di bidang akademik dengan menjadi juara II Olimpiade Geografi di Universitas Andalas 2016 dan juga pernah menjadi anggota Paskibraka. 


Sementara itu Ketua Umum KONI Sumbar Syaiful, SH, M.Hum menyebutkan keberhasilan Huggies merupakan bukti konsistensi pembinaan yang dilakukan Inkanas Sumbar di bawah kepemimpinan Bapak Gubernur Irwan Prayitno sebagai Ketua Umum Pengrov-nya. Ia juga berharap konsistensi seperti ini juga menjadi motivasi bagi cabor lain untuk berbuat yang sama.


“Kita tentu juga akan berikan perhatian kepada Huggies. Namun begitu kita juga berharap agar Huggies jangan cepat berpuas diri. Apalagi usianya masih sangat muda. Andai pun nanti ia berhasil di Kejuaraan Dunia maupun di kejuaran dan turnamen berikut, kita berharap agar Huggies tetaplah seorang atlit yang rendah hati dan selalu hormat kepada semua orang dan terutama kepada kedua orangtuanya,” tambah Syaiful.

Di bagian lain Ketua KONI Kabupaten Solok Rudi Horizon atau lebih dikenal dengan nama Rudi Cader juga menyebutkan kebanggaannya terhadap prestasi Huggies. “Itu pula sebabnya kita bersama Bapak Bupati Gusmal Insya Allah besok (Selasa 3/9) akan melepas Huggies secara resmi ke Pelatnas Karate menjelang ke Kejuaraan Dunia WKF akhir Oktober nanti di Barcelona,” tambahnya. (nns)
 

About N. NOFI SASTERA

konisumbar.or.id merupakan media informasi yang menyajikan berbagai macam informasi mengenai Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sumatera Barat
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply