Header ads

Header ads
» » Belum Pasti ke 37 Cabor Dipertandingkan Pada POR-Prov XV Padang Pariaman

Ketua Umum KONI Sumbar Syaiful SH, M.Hum kembali mewanti-wanti semua Pengprov Cabang Olahraga dan KONI Kabupaten Kota menjelang dilaksanakannya POR-Prov XV Padang Pariaman. Menurutnya belum pasti semua dari 37 cabang olahraga yang telah ditetapkan di Buku Peraturan Umum dan telah disosialisasikan pada Rakor POR-Prov XV bersama Pengprov Cabor dan Pengurus KONI se Sumatera Barat 8 Agustus lalu, akan dipertandingkan atau dilombakan di POR-Prov XV tahun 2018 di Padang Pariaman. Tampak dalam gambar suasana acara pembukaan Rakor 8 Agustus 2017 lalu di Aula Kantor Bupati Padang Pariaman di Parit Malintang.



Padang, KONI Sumbar  - Setelah mewanti-wanti cabang olahraga yang tidak mau melaksanakan Pra POR-Prov tidak akan diikutkan pada POR-Prov XV Padang Pariaman, Ketua Umum KONI Sumbar Syaiful, SH, M.Hum kembali membuat pernyataan keras. Menurutnya belum pasti ke 37 cabang olahraga yang telah ditawarkan dalam Buku Peraturan Umum POR-Prov akan bisa dipertandingkan di POR-Prov. Hal itu karena ada hubungan dengan ketersediaan Pengcab cabor di Kabupaten Kota di Sumatera Barat.

“Saya tentu tidak mengada-ada dengan pernyataan ini. Semuanya sudah dijelaskan pada Buku Peraturan Umum POR-Prov XV yang telah kita sebarkan pada Rakor KONI dan Pengprov se Sumatera Barat pada 8 Agustus 2017 lalu di Aula Kantor Bupati Padang Pariaman di Parit Malintang. Silahkan baca, terutama pada Pasal 10 Ayat (c) dan (d). Bahkan pada ayat (e), nomor yang pesertanya kurang dari 4 atlet, juga tidak akan dipertandingkan atau dilombakan di POR-ProV XV,” tegas Syaiful.

Sebagaimana tertulis pada Buku Peraturan Umum POR-Prov XV  terdapat 37 cabang olahraga yang bisa dipertandingkan atau diperlombakan di POR-Prov XV. Pemilihan ke 37 cabang olahraga adalah disesuaikan dengan cabang-cabang olahraga yang dipertandingkan di PON. Adapun ke 37 cabang itu adalah atletik yang bernaung di bawah Pengprov PASI, Angkat Berat, Besi dan Binaraga (PABBSI), Aerosport (FASIDA), Balap Sepeda (ISSI), Bola Basket (PERBASI), Bola Voli Indoor dan Pantai (PBVSI), Bridge (GABSI), Bulutangkis (PBSI), Catur (PERCASI), Dayung (PODSI), Gulat (PGSI).

Lalu Judo (PJSI), Karate (FORKI), Kempo (PERKEMI), Menembak (PERBAKIN), Balap Motor (IMI), Panahan (PERPANI), Panjat Tebing (FPTI), Pencak Silat (IPSI), Renang (PRSI), Senam (PERSANI), Sepakbola (PSSI), Futsal (PSSI), Sepak Takraw (PSTI), Taekwondo (TI), Tarung Drajat (KODRAT), Tenis Lapangan (PELTI), Tenis Meja (PTMSI), Tinju (PERRTINA), Wushu (WI), Biliard (POBSI), Sepatu Roda (PORSEROSI), Muaythai (MI), Soft Tenis (PESTI), Cricket (PCI), Arung Jeram (FAJI) dan Drumband (PDBI)

“Nah, kembali kepada Pasal 10 Buku Peraturan Umum di atas, silahkan kepada semua Pengprov dari ke 37 Cabor itu melihat kepada diri sendiri, apakah sudah terpenuhi syarat minimal 8 Pengcab yang mereka miliki. Yang lebih spesifik lagi seperti ditegskan di Pasal 10 Ayat (c), apakah Pengcab cabornya sudah ada di Kabupaten Padang Pariaman atau belum? Sebab kalau belum ada, siapa nanti yang akan mengelola pertandingan atau perlombaannya nanti di POR-Prov?” tambah Syaiful.

Menjawab tentang solusi yang mungkin bisa dilakukan bagi cabor yang Pengcab-nya kurang dari delapan Kabupaten Kota, Syaiful menilai salah satunya bisa dilakukan dengan melakukan eksibisi. Namun mnurutnya sebagaimana statusnya eksebisi tentu segala sesuatunya Pengprov cabor itulah yang siap dengan segala konsekwensinya, terutama dalam hal anggaran pelaksanaan.

“Sebenarnya, kita sangat ingin agar ke 37 cabor itu bisa ikut pada POR-Prov Padang Pariaman. Tapi kita tentu harus tegas dengan aturan yang kita buat. Tentunya azas pencapaian prestasi lah yang lebih menjadi sasaran utama kita dalam melaksanakan POR-Prov. Sebab kalau POR-Prov sekedar digelar tanpa aturan dan ketentuan yang jelas dan ketat, tentu kita akan sulit mengharapkan prestasi terbaik bisa dicapai nantinya,” tambah Syaiful. (nns)

About N. NOFI SASTERA

konisumbar.or.id merupakan media informasi yang menyajikan berbagai macam informasi mengenai Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sumatera Barat
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply