Header ads

Header ads
» » » Pecatur Sumbar Hanya Raih Peringkat 5 di Catur Cepat



GAGAL---Pecatur andalan Sumbar, Ruby Tamono (kanan) akhirnya gagal meraih hasil terbaik pada PON Jabar 2016.

BANDUNG—Pecatur andalan Sumbar Ruby Tamono akhirnya gagal mewujudkan ambisinya untuk merebut medali bagi kontingen Sumbar. Dalam pertandingan catur nomor catur cepat yang telah berakhir Minggu (18/9) malam di Hotel Savoy Homan Bandung, Ruby hanya mampu menduduki urutan kelima dari 20 peserta. Sebelumnya di nomor catur kilat, Ruby menempati peringkat ketujuh.
Pada nomor catur cepat yang telah dimulai sejak Sabtu (17/8), Ruby sempat memberi harapan kepada masyarakat Sumbar dengan keberhasilannya menduduki peringkat pertama di hari pertama pertandingan. Dari empat babak yang telah dimainkan di hari pertama, Ruby meraih nilai 3,5 VP. Nilai tersebut didapatkan Ruby melalui tiga kemenangan dan satu remis.
Namun seusai berakhirnya empat babak di harai pertama itu, Ruby memang mengaku sempat sakit perut. Namun sesuai pengakuan Mei Afrizal pelatih yang mendampinginya, sakitnya Ruby telah coba diatasi dengan memanfaatkan bantuan Tim Medis Panitia.
"Saya nggak tahu persis apakah tadi Ruby masih menahan sakit atau tidak, tapi yang pasti permainan dan kondisi Ruby memang terlihat menurun," ujar Mei Afrizal Minggu siang tadi.
Dan itu terbukti ketika di babak kelima dan keenam yang dimainkan pagi hingga siang hari tadi, Ruby gagal meraih kemenangan dari lawan-lawannya. Di babak kelima Ruby dikalahkan pecatur Gorontalo M. Johan Goliong dan di babak keenam dikalahkan pecatur Jateng M. Lutfi.
Di babak ketujuh yang dimainkan setelah makan siang, Alhamdulillah kondisi Ruby tampak semain membaik. Di babak ketujuh ini Ruby bermain remis dengan pecatur M. Kahfi dari DI Yogyakarta.
Di babak ke delapan, motivasi Ruby kembali tumbuh. Terbukti Ruby dengan perkasa mampu mengalahkan saingannya sejak Pra PON di Lembang Bandung November 2015 lalu yakni pecatur Ronny Gunawan dari Jatim.
Kemenangan itu selain membuat Ruby mencapai nilai 5 sekaligus juga membawa Ruby kembali masuk persaingan perebutan medali. Saat itu enam pecatur yang berpeluang medali adalah GM Susanto Megaranto (Jabar) dengan nilai 6,5, Novendra (DKI) nilai 6, M. Johan Goliong Gorontalo nilai 5,5, Ruby Tamono 5, M. Kahfi (DIY) nilai 5 serta Kasmiran Sumsel
dengan nilai 4,5 VP.
Namun sesuai pairing komputer, di babak ke sembilan, Ruby kembali bertemu dengan Grandmaster Susanto Megaranto dari Jabar, yang sebelumnya di catur kilat juga sudah mengalahkan Ruby. Susanto sendiri sampai babak ke delapan adalah pemegang peringkat pertama dengan nilai 6. Akhirnya meski sudah memberikan perlawanan keras, Ruby akhirnya
takluk dari Grandmaster Susanto.
Para juara dan peraih medali untuk catur cepat putra adalah Emas Susanto Megaranto (Jabar), Perak Novendra (DKI), perunggu M. Johan Goliong (Gorontalo). (nofi sastera)

About Koni Sumbar

konisumbar.or.id merupakan media informasi yang menyajikan berbagai macam informasi mengenai Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sumatera Barat
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply