Header ads

Header ads
» » Besok, Presiden akan Buka PON 2016


AKRAB---Presiden Jokowi dan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan terlihat akrab dalam suatu kesempatan.


BANDUNG---Presiden Joko Widodo, dijadwalkan akan membuka secara resmi Pekan Olahraga Nasional di Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (17/9) malam. Pembukaan iven empat tahunan tersebut akan dibuat meriah. Kemarin, panitia telah merampungkan persiapan dan tempat pembukaan diterilkan.
Pembukaan PON XIX dilaksanakan di stadion baru yang dibangun Pemerintah Provinsi Jawa Barat. GBLA merupakan stadion megah yang pembangunannya menghabiskan dana triliunan. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan, pembukaan akan semarak dan melibatkan ratusan penari.
Kemarin, api  PON XIX sudah sampai di Bandung. Sekitar pukul 11.30, rombongan kirab pembawa api PON tiba di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum.
Api PON yang dibawa oleh rombongan yang terdiri dari TNI dan atlet itu transit di rumah dinas Walikota Ridwan Kamil itu karena terpotong waktu Shalat Jumat.
Kemudian, api PON dibawa ke Balaikota Bandung dan diadakan upacara melepas api PON ke Gedung Sate. 
Menurut Sekretaris Umum PB PON Jawa Barat Ahmad Hardadi, pembukaan dan penutupan menghabiskan dana Rp90 miliar, 
"Anggaran itu termasuk persiapan selama hampir dua tahun seperti latihan pembukaan dan penutupan yang melibatkan tiga ribu mahasiswa dan para penari profesional," kata Hardadi.
Hardadi menyebut dana itu termasuk persiapan penataan multi-media, penataan panggung dan lampu, serta pesta kembang api yang akan digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api.
"Untuk  pembukaan dan penutupan saja, belum termasuk persiapan dua tahun sebelumnya, menghabiskan sekitar Rp30 miliar. Anggaran Rp30 miliar itu merupakan bagian dari Rp90 miliar," ujar Hardadi.
PB PON, lanjut Hardadi, juga menerima bantuan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Rp60 miliar untuk penyelenggaraan yang mempertandingkan 44 cabang olahraga itu.
"Sedangkan anggaraan dari APBD Jawa Barat untuk PON mencapai sekitar Rp3,2 triliun yang dipakai untuk pembangunan arena pertandingan dan jalan akses arena di kabupaten-kabupaten dan kota-kota lokasi penyelenggaraan PON," ujarnya.
PB PON akan menampilkan tari-tarian serta pertunjukan yang menggambarkan kondisi alam serta sosial-budaya Jawa Barat di stadion yang memiliki kapasitas 38 ribu penonton itu.
Chief de mission kontingen Sumbar, Nasrul Abit menyebutkan  defile pembukaan merupakan kesempatan untuk memperkenalkan Sumbar ke daerah lain.
“Kita akan tampil sebaik mungkin,” katanya. (edwardi)

About Koni Sumbar

konisumbar.or.id merupakan media informasi yang menyajikan berbagai macam informasi mengenai Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sumatera Barat
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply