Header ads

Header ads
» » Api PON XIX/2016 Akan Diarak Sejauh 5 KM di Pangandaran

Iring-iringan kirab PON XIX akan singgah di Kabupaten Pangandaran pada 7 September mendatang. Obor PON XIX yang menjadi simbol ajang olahraga empat tahunan itu akan tiba di Pangandaran sekitar pukul 15.00 WIB dan akan diarak keliling Pangandaran.
Rapat persiapan ajang kirab dilaksanakan di Kantor Bupati Pangandaran di Parigi, Kamis (23/6). Rapat dihadiri delegasi Pengurus Besar (PB) PON dan panitia lokal Pangandaran.
Koordinator Kirab dan Prosesi Api PON dan Peparnas Ali Sobari menjelaskan, prosesi kirab merupakan seremoni akbar menjelang PON XIX. Menurut dia, sebanyak 27 kabupaten/kota akan dilewati iring-iringan prosesi tersebut dengan menempuh jarak 1006 kilometer.
“Api kita ambil dari sumber api abadi di Desa Majakerta, Kecamatan Balongan, Indamayu. Dari Indramayu, rutenya adalah ke Kabupaten dan Kota Cirebon, lalu ke Kuningan, Majalengka, Ciamis, Banjar dan Pangandaran,” jelas Ali.
Dari Pangandaran, prosesi dilanjutkan ke Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Garut dan seterusnya, hingga berakhir di Kabupaten Bandung.
“Dari 27 kabupaten/kota yang dilintasi, hanya di 17 tempat obor akan bermalam. Salah satu tempat persemayaman obor adalah di Kabupaten Pangandaran,” kata Ali.
Pada prosesnya nanti, iring-iringan kirab akan datang menggunakan mobil. Di setiap kabupaten/kota, obor akan diarak oleh para atlet dengan cara berlari sejauh 5 KM.
Di Pangandaran, lanjutnya obor akan diarak masing-masing 2,5 KM sebelum dan sesudah pendopo. Setelah dihitung, titik 2,5 Km sebelum Kantor Bupati Pangandaran berada di Desa Karangbenda, Kecamatan Parigi.
Obor akan diarak dengan cara berlari hingga Desa Kondangjajar, Kecamatan Cijulang, untuk selanjutnya menuju Kota Tasikmalaya melalui Kecamatan Cimerak.
“Di Pangandaran, api nanti disimpan di lentera, sampai nanti digunakan untuk menyalakan kalderon (tungku) secara serentak pada 17 September,” pungkasnya.
Sumber : http://fokusjabar.com/2016/06/24/api-pon-xix2016-akan-diarak-sejauh-5-km-di-pangandaran/

About Koni Sumbar

konisumbar.or.id merupakan media informasi yang menyajikan berbagai macam informasi mengenai Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sumatera Barat
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply